Isitilah-istilah dalam bermain piano

Velocity
Kecepatan keyboard dalam merespon tekanan jari kita ke tuts. Gunanya untuk mengatur dinamika.

Kalo Velocity off, bagaimanapun cara kita menekan tutsnya, entah kita menekannya dengan lembut penuh perasaan ataupun pukul – pukul seperti orang gila, panjang nada dan kerasnya suara yang dihasilkan akan tetap sama.

Kalau Velocity on, cara kita menekan akan mempengaruhi suaranya.
Kalau kita menekannya pelan suara yang keluar akan terdengar lemah, sebaliknya kalau kita menekannya keras (seperti dipukul), suaranya juga akan lebih keras.
Kalau kita menekannya agak lama, suaranya akan panjang (tergantung sustain), sebaliknya kalau kita tekan sebentar lalu jari diangkat, suaranya akan pendek dan cenderung staccatto.

kalau berbeda gitu, dinamika lagunya bisa terasa

Entah apakah Velocity ini sama dengan Key Action?

Sustain & Sustain pedal
Sustain itu adalah perpanjangan nada, misal, tanpa sustain, nada yang kita dengarkan akan cepat hilang, sebaliknya kalau dengan sustain, nadanya bisa lebih panjang.
Kalau sustain pedal itu alatnya, biasanya berupa pijakan di kaki. Kalau ditekan berarti sustainnya nyala (walau tergantung pedal & keyboardnya juga, ada yang ditekan malah sustainnya mati :D)

Damper
kebalikan dari sustain, yaitu untuk memperpendek not yang dihasilkan (tapi tidak staccatto)

Staccatto
nada yang terdengar pendek2 & terpatah2…jadi not demi not terdengar jelas

Bank
adalah sekumpulan suara yang dimasukkan dalam satu kelompok, misal bank Piano, isinya ada Piano Akustik, Piano Chorus, Piano Honky Tonk, dll, bank Guitar, isinya Gitar Akustik, Gitar Listrik, dll.

Patch
Settingan yang kita save. Jadi misal kita udah utak-atik keyboard itu, lalu di-save…nah, hasil save-nya itu namanya patch 🙂

Program

Biasanya merujuk ke style musik yang ada di keyboard, jadi misalnya ada style Jazz, Rock, Disco, dll….
Combo

Gabungan antara 2 patches, jadi misal kita bikin 1 patch lalu kita combo dengan patch yang lainnya 🙂 –> sangat kurang yakin untuk istilah yang ini


Layer

Lapisan, biasanya untuk menghasilkan lebih dari 1 suara pada tuts yang sama, misal kita set layer 1 adalah piano, ditumpuk layer berikutnya adalah string, pada saat kita menekan tuts, maka akan keluar suara piano & string bersamaan.


Split

Kebalikan dari layer, jadi gunanya mengatur daerah mana yang menghasilkan suara apa. Misalnya keyboard kita 5 oktaf, kita atur oktaf ke-1 adalah suara bass, oktaf ke-2 sampai 3 adalah suara piano, oktaf ke-4 sampai 5 adalah suara string. Pembagian tersebut disebut split

~ oleh christiandjahiras pada Februari 7, 2010.

Tinggalkan komentar